#UnforgotTEN for My Birthday Gift

Wow, GagasMedia bagi2 paket buku buat para book bloggers dalam rangka ulang tahunnya yang ke-10. Hadiahnya? 10 paket buku pilihan kamu untuk 30 orang blogger. Siapa yang ga tergiur kalo begini nih? Wah, blogger newbie seperti saya pun harus ikut nih.

unforgotTEN logo

I know, I know… saya memang jarang membaca apalagi mereviu buku2 karangan penulis Indonesia. Jadi bisa dibilang saya sudah pasti bukan #GagasAddict. Lalu, apa sih yang mendorong saya untuk mencoba peruntungan kali ini? Kenapa GagasMedia harus musti kudu masukin saya ke dalam jajaran 30 pemenang kado ultah ke-10 GagasMedia? Well, these are my TEN reasons:

  1. Saya juga lagi ulang tahun. Jadi, mari kita anggap saja kalo saya menang, itu hadiah ultah juga buat saya? Oke? Every birthday geek loves a book gift.
  2. Dalam daftar baca saya di Goodreads maupun yang belom saya masukkan ke Goodreads, lebih dari 70% buku bacaan saya berbahasa Inggris, dan bukan karya penulis lokal. Tapi inilah saat yang tepat buat saya untuk mulai mencintai buku lokal. No, no, this has nothing to do with nationalism but everything to do with skepticism. Saya agak skeptis dengan buku2 lokal karena beberapa kali kepentok buku yang ga bisa saya “lahap” habis one way or another. Nah, kalo saya dapat paket buku ini, kan saya bisa memilih buku2 yang kira2 bagus, dan kalo ternyata buku2 itu memenuhi ekspektasi saya, sudah pasti saya akan bertandang ke toko buku lebih sering untuk membeli buku lokal terutama terbitan GagasMedia. To win the heart of a skeptic like me is a feat.
  3. Saya book blogger newbie yang sedang memulai mereviu buku. Untuk menggenjot semangat saya agar menulis lebih banyak review, apa lagi kalo ga dengan hadiah buku?
  4. Saya suka membaca. Saya pembaca kompulsif. Bungkus mi aja saya baca kok.
  5. Setelah selesai membaca, saya bisa menghibahkan beberapa atau semua buku itu lewat giveaway di blog ini atau ke perpustakaan.
  6. Saya punya sepupu yang hobi banget koleksi buku. Beberapa bulan lagi dia ultah. Dan dia termasuk #GagasAddict. Jadi kalo saya dapat paket buku ultah GagasMedia ini di ultah saya, saya bisa kasih beberapa atau semua ke sepupu saya itu di hari ultah dia. It would be secondhand books, but trust me, I can keep books like new.
  7. Saya ingin membaca lebih banyak buku lokal untuk secara ga langsung belajar mengedit buku. Gimana caranya? Yah, saya pasti harus banyak baca untuk bisa melihat selingkung setiap penerbit. Dalam hal ini, GagasMedia adalah salah satu penerbit yang buku2nya sangat laris. Ga mungkin kan buku laris kalo editingnya jeblok? That’s where this comes in. Saya suka menganalisis, jadi selain memberi saya hiburan, GagasMedia juga akan mengedukasi saya kalo memberi saya kado ini.
  8. I’ll make sure to request for at least one translated book. Kenapa? Sebagai lulusan program Translation, saya tetap ingin belajar menerjemahkan meskipun sekarang sudah jarang praktek (again I would blame it on overtime work that I can’t take freelance work at the moment). Saya punya cita2 menerjemahkan buku, buku tentang apa saja. Jadi, saya ingin menganalisis beberapa buku terjemahan serta buku aslinya. Again, this would be educational. Not strictly, though, because it would also be entertaining as well. Kill two birds with a single stone? Why not?
  9. Saya akan menyebarkan GagasWave ke temen2 saya. Dulu ketika K-Wave melalui K-Pop sedang belom sepanas sekarang, saya berhasil “meracuni” tidak hanya satu atau dua tapi empat-lima teman sekaligus untuk mulai menikmati K-Pop. I might not look like it, but I can get very persuasive when I need to be.
  10. The covers! It’s the COVERS. Sebenarnya kalo ga karena skeptis itu, I’d love to buy GagasMedia’s books. As a fan of the art, saya mengakui banget kalo desain sampul buku2 GagasMedia memang keren2. Some intricate, some simple, but even within the simplicity you can’t argue it’s beauty. And I’m a fan of beauty.

Jadi, apa lagi? Still need more? I might be able to pop a few more, but it’s about TEN now. Tenth aniversary, ten books, threefold of ten potentially ecstatic bloggers. And I hope I can get this awesome gift for my birthday. Who says wonderful things only come in threes? This time, they come in tens!

What do you think?