Review #7 Golden Days – Takao Shigeru

 Golden Days

oleh Takao Shigeru
Format: tankoubon | Penerbit Indonesia: Elex Media |
Penerbit asli: Hakushensha (Jepang) | Negara: Jepang | Terbit: 2009
Volume:  8 (tamat) | Bahasa: Indonesia (terjemahan)
Genre: manga, drama, historical, slice of life, shonen ai
Link: Goodreads, Baka-Updates Manga
Ratingku: ***** dari *****

Saya sama sekali belum pernah ikut posbar (posting bareng) BBI (Blogger Buku Indonesia), dan akhirnya sekarang bisa ikutan! Yeay! Jadi, review ini saya ikutkan salah satu posbar November 2013 dengan tema Novel Grafis. Walopun telat karena semalem saya ketiduran.

Saya beli paketnya dari Bukabuku.com. Mumpung murah. #cheapo Sebenernya saya nemu 5 volume di sale Gramedia Matraman setelah memesan di Bukabuku. Tapi karena ga lengkap, cuma saya “sembunyikan” di rak, dan saya tetap menunggu kiriman dari Bukabuku. Dan ternyata setelah nunggu agak lama (2-3 hari, mungkin nyari di gudang Elex), ada dong sepaket. Yeay!

wpid-img_20131122_095720

Takao Shigeru (yang sering dikira laki2 karena namanya) adalah salah satu mangaka favorit saya. Dia juga menelorkan emangnya ayam? serial manga lain seperti Dear MineBlushin X Boy atau Teru Teru X Shounen, Issho ni Neyou yo, dan lain-lain. Ditambah karena sedang murah, keinginan saya untuk mengoleksi semakin menggebu. 

 

Anyways, kalau dilihat dari sampulnya, sepertinya kok “cantik” banget ya? Hm, jangan salah. Kelebihan si mangaka ini adalah:

  1. Artwork shoujo yang rapi (poin plus kalau kamu penyuka shoujo manga seperti saya) 
  2. Meskipun rata2 bergenre drama, komiknya dipenuhi humor, dan romance-nya pun ga “menye-menye”.
  3. Ms. Takao selalu bisa membuat karakternya hidup, dan membuat kita bersimpati kepada mereka.
  4. Ceritanya pasti adaaa saja. Ga klise.
  5. Selalu ada sesuatu yang “dalam” di semua cerita Ms. Takao. Romance pun tidak akan jadi romance klise saja. Selalu ada sesuatu yang membuat kita berpikir ketika membaca.

With this manga, Ms. Takao manages to make me fall in love with the hero’s and other character’s plights, hook, line, and sinkerYou get romance, friendship, time slip, and complexities of the human psyche. It’s a slice of life, only upgraded. Now, wouldn’t that be a fun read?

Hidup Mitsuya Souma yang masih SMA jadi complicated gegara ibunya yang overprotektif sejak dia diculik pada usia 2 tahun. Dia sangat dekat dengan sang kakek, yang sekarang dirawat di RS. Petualangannya bermula suatu hari ketika sang kakek sedang kritis dan dia tiba2 dia mengalami time slip. Hal yang terakhir didengarnya dari dunianya adalah ucapan sang kakek, penyesalan beliau karena tidak bisa menolong orang yang disayanginya—seseorang bernama Jin.

Masa yang didatangi Mitsuya adalah masa di mana sang kakek berusia sama dengannya. Di sana dia bertemu dengan Jin Kasuga, sahabat kakeknya. Dan ini bener2 ga mungkin banget terjadi di dunia nyata: wajah, postur, dan suara Mitsuya benar2 mirip dengan kakeknya sehingga Jin salah mengira dia adalah sang kakekCuriously, nama mereka punya bagian yang sama: Mitsu, karena kakeknya bernama Yoshimitsu Souma.

Jadi, akhirnya Mitsuya “diseret” ke rumah keluarga Kasuga yang menampungnya setelah hilangnya orang tua Yoshimitsu dan meninggalnya kakek-nenek mereka. Yoshimitsu punya nee-chan (older sister) bernama Yuriko. Jin, blasteran Jepang-Italia, punya adik bernama Aiko. Mereka berempat sangat dekat dan biasa saling memanggil dengan julukan sesuai bidak catur: Jin=king, Yuriko=queen, Yoshimitsu=knight, Aiko=bishop. Mitsuya pun menggantikan posisi Yoshimitsu di keluarga disfungsional ini dan Jin menyebarkan berita ini kepada semua orang: Yoshimitsu amnesia. Ya, susah juga kan bilang kalau dia mengalami time slip dan dia bukan Yoshimitsu. Ga seperti cerita amnesia klise yang sering ada di sinetron2 dan drama2, alasan amnesia di sini memang perlu untuk plot. It’s just the easiest excuse you tell people about your bestfriend who forgot who they are, and even who you are.

Mitsuya, Jin, Aiko

Saya bukan penyuka yaoi, tetapi saya sama sekali ga keberatan dengan shonen ai di dalam manga ini. Jin menyukai Yoshimitsu, dan oleh karena itu, juga Mitsuya; dan ini menjadi salah satu sumber humor karena Mitsuya selalu mengelak (sejauh yang saya baca, dia straight), sekaligus sumber drama. Anyhow, meskipun bergenre drama, manga ini bukan cerita “menye-menye” antara cowo berdua ini. Semua karakter, mulai dari Jin, Yuriko, Aiko, serta karakter2 lain, punya arc mereka sendiri. Permasalahan mereka pun bukan hal2 klise. Ms. Takao bener2 keren karena bisa menceritakan kisah2 ensemble cast ini secara paralel.

Permasalahan yang lebih besar dan bikin saya mikir adalah segala hal yang berhubungan dengan time slip. Kedatangan seseorang dari masa depan (masa Mitsuya) membuat Mitsuya berpikir lebih dalam tentang time slip: Jika dia ada di sini, ke manakah Yoshimitsu pergi? Dia datang dari masa depan, dan oleh karena itu tau soal hal2 mengerikan yang akan terjadi di Jepang, seperti bencana alam, kematian orang2 tertentu, dan Perang Dunia II. Bagaimana dengan keinginan kakeknya untuk menyelamatkan Jin? Sebenarnya apa yang terjadi pada Jin? Bagaimana Mitsuya bisa mengatakan kepada Jin bahwa dia bukan Yoshimitsu, bahwa dia adalah cucu Yoshimitsu yang terlempar ke masa lalu? Apakah dia harus melakukan sesuatu untuk menyelamatkan keluarga Kasuga dan teman2nya saja? Bagaimana dengan orang2 lain?

Saya juga tertarik dengan chemistry Jin-Mitsuya. Saya bukannya mau “menyeberang” ke genre shonen ai, tapi kisah mereka memang benar2 unik dan touching dan tidak mungkin tidak membuat pembaca bersimpati. Kedekatan mereka pasti membuat Jin sadar bahwa Mitsuya yang sekarang di sampingnya benar2 tidak sama dengan Yoshimitsu yang dicintainya. How does he reconcile with that fact? How does he react when he finally understands that Yoshimitsu and Mitsuya are separate persons? Does he project his feelings for Yoshimitsu onto Mitsuya, based on physical resemblance alone? Or is he in love with Mitsuya, and not with Yoshimitsu anymore? Or can he love them both equally?

This story is pretty much like a puzzle. You need to collect and arrange the pieces before you get to see the whole image. And even when you’ve put the pieces together, it gets you thinking and asking questions. Life isn’t so simple, but even less so is when you have to assume the life of another, and take on his part in life, while trying your best to change the course of his history. And, at the same time, you’re changing yours.

6 responses to “Review #7 Golden Days – Takao Shigeru

  1. aq bc manga ini pas kelas 2 sma. hiks aq punya manganya smpe buku 3, pengen bc kelnjutannya stlh bertahun2, tp udah gag keluar lg manganya, dmana bs dapet manganya ya? atau situs bc onlinenya scr lgkp, , , biar dah pake bhs apa aj, .

  2. hello~ aku baru mulai baca Golden Days di internet tapi ternyata nggak lengkap. Setelah aku liat di internet ternyata Elex nerbitin buku ini di taun 2009. haduuh kebayang pasti susah nyarinya.. kira2 buku yang di review ini apakah ada kemungkinan untuk dijual kembali? saya tertarik banget untuk baca lagi dari awal… terima kasih sebelumnya.

    • Kelihatannya Golden Days memang sudah sold out di toko2 buku offline maupun online. Aku sendiri tidak ada rencana untuk menjual koleksi aku ini sih, hehe…. Soalnya aku suka banget manga2 Takao Shigeru.
      Ada kemungkinan aku punya scanlationnya lengkap. Kalau misalnya emang ada dan kamu mau, bisa aku kirimin.
      Kalau masih ingin print-nya, bisa coba hubungi direct selling Gramedia. Siapa tahu mereka masih punya stok.
      Btw, lokasi kamu di mana?

  3. Hey!

    Aku juga peminat buku sama dengan Anda. Apakah Anda punya koleksi buku elektronik (e-book)? Jaran bisa dapat buku dalam bahasa Indonesia online (yg bahasa inggris atau bahasa lain juga bagus!). Aku bersama teman2 membuat situs untuk kumpulkan dan bagikan berkas ( http://www.kumpulbagi.com ). Di situs ini Anda bisa membagikan dengan mudah semuanya tanpa upaya dengan registrasi dan pemberantasan ukuran dan waktu terhapus . Tidak ada pengguna premium. Semuanya gratis… Kalau Anda mau aku mohon untuk membuat koleksi buku elektronik Anda hanya butuh beberapa waktu untuk bagikan sastra yang baik dengan lainya

    Cek koleksi saya dan coba caranya http://kumpulbagi.com/Edoo/buku-sekolah-inggris-1312/list,1,1 !

    Salam

    Edo

    • Hai, Edo.
      Aku juga koleksi e-book. Sebagian besar (99%) berbahasa Inggris karena selain sulit cari e-book berbahasa Indonesia, aku sendiri ga kesulitan baca buku berbahasa Inggris.

      Ide untuk mengumpulkan e-book ini sebenernya bagus, tapi karena sebenernya banyak e-books itu penyebarannya ilegal *ahem*, kayaknya orang (misalnya aku) agak enggan untuk upload di internet karena takut kena pelanggaran hak cipta.

      Mungkin pernah tau gigapedia yang lalu jadi library.nu yang sudah lama diblokir karena SOPA-PIPA?

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s