Beli Kindle di Indonesia

Belakangan ini, buku digital atau e-book semakin dilirik para pembaca. Memang sih banyak pembaca, termasuk saya, lebih suka membaca lembar demi lembar buku. There’s something special about the smell of a new book and how you trace its pages and lines. Tapi buku digital menawarkan sesuatu yang tidak bisa didapatkan dari buku fisik: kemungkinan mencetak ulang bagian2 buku yang kita inginkan, harga yang lebih murah (untuk buku impor yang “beredar luas” di internet), tidak perlu lama menunggu delivery (e-book yang kita beli dikirimkan secara instan), tidak perlu keluar dari rumah (it’s just a few clicks away).

Dengan semakin tingginya animo pembaca terhadap e-book, e-reader dan tablet pun semakin dilirik. Salah satu brand/merek e-reader/tablet yang sedang banyak dicari saat ini adalah Kindle dari Amazon. Amazon menawarkan beberapa tipe e-reader seperti Kindle (1st & 2nd generation), Kindle DX & DX Graphite, Kindle Keyboard, Kindle Touch, dan yang terbaru: Kindle Paperwhite. Tablet yang diusung Amazon adalah seri Kindle Fire: Kindle Fire, Kindle Fire HD 7″ dan 8.9″.

Banyak teman2 di forum2 bertanya tentang di mana mereka bisa membeli Kindle di Indonesia. Memang Amazon.com tidak menyediakan representatif Kindle di Indonesia, tetapi teman2 bisa membeli secara online di Amazon.com. Masalahnya adalah teman2 harus membayar ongkos kirim dan pajak (barang impor di bawah $50 tidak kena pajak). Cara yang lebih murah adalah titip pada teman yang sedang berada di Amerika dan akan pulang ke Indonesia. Tapi sulit sekali mencari teman yang bisa dititipi seperti ini kan? Alternatif lain adalah menggunakan jasa forwarder seperti Borderlinx untuk kirim ke Indonesia. Tapi saya belum mencari testimoni orang yang sudah menggunakan jasa ini.

Alternatif lain adalah membeli di Indonesia. Di Jakarta, Toko EbookReader.com menyediakan berbagai macam e-reader termasuk Kindle berbagai versi. Harganya memang cukup mahal dibandingkan harga asli yang tertera di situs Amazon, tetapi kamu tidak perlu repot lagi membayar pajak atau menunggu kiriman Kindle. Selain itu, mereka juga membuka jasa servis Kindle dan pengisian apps Kindle Fire serta menjual Kindle secondhand. Karena mereka punya toko di Mangga Dua Mall, kamu bisa melihat langsung demo e-reader dan tablet yang mereka jual untuk memutuskan mana yang akan kamu beli. Selain Kindle, mereka juga menjual e-reader/tablet merek lain seperti Nook keluaran Barnes & Noble dan Sony Reader.

Screenshot 007

Setelah browsing, saya juga menemukan lapak Kaskus yang menjual Kindle. Tapi sepertinya lapak ini sepi pengunjung. (^^’) Selain itu, ada lapak jasa pembelian Kindle di forum Kompas, yang juga sepi. Ada juga toko online ini dan ini. Banyak juga yang jualan di sini. Tinggal search saja dengan keyword “kindle”. Tapi, yang paling bisa dipercaya ya saya pikir toko yang di Mangga Dua itu.

Nah, kamu mau membeli dengan cara yang mana? Tinggal pilih saja. Mau beli murah tapi harus cari teman yang di negara2 yang punya basis Amazon, beli dari situs Amazon luar negeri untuk dikirim ke Indonesia dengan membayar pajak impor, atau beli dari toko di Indonesia dengan margin harga lumayan (lumayan banyak atau sedikit, tergantung persepsi kamu, hehe ^_^’).

Temen2 yang tau tempat lain untuk membeli Kindle di Indonesia atau di kota2 tertentu di Indonesia, tolong kasih tau via komentar ya. Kalau mau tanya2 tentang Kindle, tinggalin aja komentar di post ini.

P.S. Saya tidak berafiliasi dengan penjual Kindle di Indonesia; saya hanya memberikan informasi tentang penjual Kindle di Indonesia (personal & toko).

13 responses to “Beli Kindle di Indonesia

  1. Mau tanya, kira-kira untuk perbedaan seri kindle yang ditawarkan itu seperti apa yah? Bingung mo milih beli yang mana, karena ga ngerti perbedaannya.

  2. Saya punya tablet kindle fire HD gak mau keluar menu utamanya jadi hanya keluar merk nya saja saat di nyalakan , tempat servis nya dimana yaa dan kira2 apa penyebabnya ?

    • Saya pernah punya masalah yang mirip:
      1. Kalau ga salah ingat, sama dengan masalah kamu.
      2. Baterai benar2 habis dan ketika selesai charging, semua aplikasi yang terinstal hilang dari shelf padahal sebenarnya masih ada kalau dilihat di daftar aplikasi.
      3. Baterai benar2 habis dan ketika charging, warna layar menyala merah terang.

      Untuk masalah 1 & 2, kalau tidak salah, waktu itu saya hanya charge sampai full 100%, lalu saya nyalakan lagi. Untuk masalah 2, waktu itu saya lagi coba hubungkan ke PC kantor karena laptop saya tidak bisa membaca Kindle Fire saya. Tau2 aplikasinya muncul lagi di shelf. Jadi mungkin coba dulu charge sampai full. Kalau lampu indikatornya masih menyala, you’re in the clear. Saya ga tau sebenarnya KF saya normal lagi itu solusinya hanya seperti itu atau I was just lucky, tapi bolehlah dicoba.

      Untuk tempat servis, saya kurang tau, tapi bisa jadi toko yang menjual Kindle di Jakarta (kamu tinggal di Jakarta?) juga bisa men-servis Kindle kamu. Good luck yah! Let me know how it goes!

    • Sebenarnya sama2 tablet, yang beda mungkin OS dan spesifikasinya ya? Mungkin lebih gampang ngomongin persamaannya ya. iPad juga ga ada external memory kan? Itu juga sama. Punya app store sendiri, itu juga sama, tapi Kindle masih mau diinstal aplikasi (apk) dari Google Playstore.

    • Beli ebook dari Amazon udah pernah aku jelasin di sini tapi memang ga sedetail Jeff’s Blog dan hanya nunjukin cara beli lewat browser & bukan lewat app di Kindle. Soalnya biasanya yang ditanyain adalah pertanyaan2 masih general, bisa beli di Indonesia ga. Sepertinya kalo udah tau basic-nya, temen2 bisa langsung mencoba sendiri tanpa kesulitan berarti.

      Makasih info tentang Jeff’s Blog-nya. Info pemakaian Borderlinx udah ada di situsnya sih sebenernya, tapi mungkin aja ada penjelasan lebih mendetail dari Jeff yang lebih mudah diikuti.

  3. Tx postinganx..sy trtarik dgn kindle..apkh kindle ad kamera,bisa install media sosial?games jga?n kalu mikrosoftx ad?powrpoint dll..mksh y infox.

What do you think?