Beli Buku Kindle di Indonesia

Selama saya menjelajah internet, saya sering menemukan pertanyaan, “Kenapa saya tidak bisa beli buku Kindle di Indonesia?” Dari penjelajahan itu, juga dari status blog saya yang menunjukkan banyak orang mencari tahu tentang Kindle di search engine dan menemukan blog saya, saya jadi tahu ternyata banyak orang di Indonesia mulai melirik Kindle, baik buku digitalnya (e-book) maupun tablet atau e-reader-nya.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan yang mungkin terlewat atau kurang jelas di post2 saya sebelumnya.

Bisakah kita membeli buku kindle di Indonesia?

Bisa.

Bagaimana caranya?

Jika kita sudah memiliki akun di Amazon.com, kita tinggal memasukkan alamat di Amerika Serikat yang lengkap dan valid. Agar lebih mempermudah pembelian, tentukan setting 1-Click dengan membuka link ini (keterangan bisa dibaca di sini). Setting 1-Click ini sebaiknya diaktifkan agar setiap kali membeli buku kindle, kita tinggal mengklik tombol Buy now with 1-Click.

Screenshot Amazon 002

Ketika membuat akun Amazon, saya menggunakan alamat teman yang sedang berada di Hawaii. Nantinya, lokasi kita akan otomatis menjadi Amerika Serikat, bukan Asia Pasifik. Dengan begitu, kita bisa membeli buku kindle manapun di kindlestore tanpa terkena geographic restriction (rintangan geografis). Lagi pula, sepertinya sih tidak diperiksa apakah kita benar2 tinggal di situ atau tidak, karena sejak Januari 2013 sampai sekarang saya masih lancar2 saja membeli buku Kindle.

Saya memasukkan data nomor telepon juga, tapi saya tidak ingat apakah itu wajib atau tidak. Hanya dituliskan bahwa nomor telepon akan dicetak di label paket untuk membantu pengiriman.

Apakah kita perlu memasukkan informasi kartu kredit ke dalam akun Amazon kita untuk bisa membeli buku kindle di Indonesia?

Tidak. Saya tidak memiliki kartu kredit Indonesia ataupun Amerika, dan tidak memasukkan informasi kartu kredit ke dalam akun. Saya tetap bisa membeli buku kindle gratis di Amazon.

Bagaimana jika kita ingin membeli buku kindle yang berbayar?

Caranya adalah dengan membeli  gift card. Titip saja ke teman yang punya akun Paypal (ralat:) kartu kredit dan bisa membelikan gift card Amazon. Kita bisa membeli gift card dengan nominal yang sudah ada, tetapi kita juga bisa mengisi sendiri nominal yang ingin kita beli. Kita bisa memilih diberikan kode redeem gift card ini ke e-mail atau akun Facebook. (Update 4 Juni 2015:) Di Indonesia sudah banyak yang menjual gift card Amazon; bisa coba browsing aja.

Memang cara membeli buku kindle di Indonesia agak rumit: kita harus punya alamat lengkap di Amerika dan membeli gift card. Namun, demi membeli buku yang kita inginkan, saya pikir kita akan tetap termotivasi mengatasi kerumitan itu. Kalau saya bisa, pasti kamu juga.

32 responses to “Beli Buku Kindle di Indonesia

  1. Mbak minta tolong donkkk…..aq baru beli kindle paperwhite, udah sempet beli ebooknya 2 kali, pas kemaren mau beli lagi kok ndak bisa ya, yg ada jawabannya ini mulu (You attempted to purchase an item while in a different country than listed on your Amazon account), padahal udah aq ganti pakai alamat universitas di us biar bisa beli ebooknya. Udah aq utak atik ampe rontok….minta tolong petunjuknya mbak, kira2 dimana salahku…trimakasih banyak mbak, salam kenal, hesti

    • Itu nyettingnya bukan di Kindlenya tapi di akun Amazonnya. Buka Manage Your Content and Devices, Settings, Country Settings, Change, Update. Kayaknya gitu sih.

  2. Mbak tolongggg donkkk ( edisidesperet), aq udah beli kindle paperwhite, kenapa ya setiap aq beli ebooknya selalu jawabannya begini mulu (You attempted to purchase an item while in a different country than listed on your Amazon account), padahal aq dah cantumkan alamat us…tolong apa yg harus aq lakukan mbak ?? makasih buanyak ya mbak sebelumnya…salam kenal, hesti

      • Sudah mbak aq ganti….kira2 kalo buat akun baru bisa ndak ya?…..maaf mbak yg diatas dicuekin aja ya hehehhe….maklum lemot. Makasih banyak bantuannya

      • Bisa aja sih bikin akun baru harusnya. Aku juga udah lama ga buka akun Amazon sih, jadi udah lupa. Ini tadi buka Amazon Help aja gitu. Tapi aku inget pernah bermasalah gitu terus ganti setting negara dan masukin alamat US terus udah lancar aja gitu. Sampe terakhir KF itu nyala, purchase book & app masih lancar aja sih.

  3. Hi Halo mbak,

    Saya berencana beli Kindle di UK dan registrasi dengan Amazon UK so far karena genre buku saya kebanyakan bidangnya bagusan UK daripada US. Nah, bila besok saya pakai di Indonesia, kira-kira tetap bisa beli e-book via amazon nya ga yah, karena IP Address bisa ganti mungkin mengikuti negara mungkin?

    Karena ini saya daftar amazon UK pakai laptop di Jakarta tetap tidak bisa meski billing alamat UK, kartu kredit Indonesia sih.

    • Harusnya bisa loh. Saya register Amazon US tanpa CC, dengan alamat US, bisa2 aja tuh. Coba aja baca2 komen2 yg udah pada register Amazon dan beli e-books di Amazon. Coba setting negara diganti ke UK. Saya sih ga ngutak-atik IP address selama ini.

  4. Halo, saya mau tanya, gimana caranya beli gift card di amazon pakai paypal? Di tulisan di atas disebutkan bahwa kita bisa membeli menggunakan paypal, tapi setelah saya cek ke amazon tidak ada pilihan pembayaran menggunakan paypal. Mohon bantuannya. Terimakasih🙂

  5. Beli buku Kindle emang tricky. Tapi aku juga sudah melaksanakan ini hampir 4 tahun. Enaknya kalo buku lagi murah atau gratiiiis hahaha

    • Sebenernya paling gampang itu alamat restoran. Bisa di-Google kok. Contoh keyword-nya “Restaurant Los Angeles” Nah itu kan akan keluar Google Map, plus listing restoran LENGKAP dengan nomor teleponnya🙂. Itu cukup valid kok untuk dipakai

  6. Baru iseng coba2.

    1. Reg amazon address USA
    2. CC indonesia tp pakai billing USA

    Beli free books , akses via cloud reader atao kindle apps reader di PC , sukses🙂

    Beli books $0.99 , sukses kebaca juga tp pas liat di order summary , orderannya status masih pending .

    Belum coba pakai apps di ipad .

  7. Halo mbak,

    aku juga newbie nih pake Kindle. Sempet bingung karna ga bisa ngapa2in gara2 masukin alamat Indonesia.
    Sekarang udah diganti jadi alamat US, tapi kenapa masih tetep ga bisa download apps ya? Mohon bantuannya
    Terimakasih🙂🙂

    • Salam blogger, Arlin.
      Yup. Sebenernya mudah. Beli buku Kindle itu tergantung bukunya. Buku2 kindle yang lumayan laris dan ditulis oleh pengarang terkenal, seperti misalnya The Casual Vacancy karangan J. K. Rowling, memang harganya sedikit mahal, tetapi tetap berselisih dibandingkan buku cetaknya. Di Amazon.com, harga The Casual Vacancy sekarang: cetaknya $11.7 dan buku kindle-nya $8.99. Selisihnya memang hanya sekitar $2.7 tapi bukunya akan langsung sampai dan kita tidak perlu membayar ongkos kirim.😉
      Mendaftar Amazon.com sih gratis. Kalo bisa nitip teman untuk dibelikan gift card secara gratis, ya kamu tinggal mengeluarkan uang seharga nominal gift card yang ingin kamu beli.🙂

What do you think?

