Survey #1 Pilihan Bacamu: Cetak atau Digital?

IMG_0287b

feature-notes._V398728018_

Belakangan ini, animo pembaca Indonesia terhadap buku digital atau e-book semakin tinggi. Saya melihat ini dengan banyaknya pencarian tentang Kindle dan e-book yang akhirnya membawa si pencari nyasar mampir ke blog saya ini. Memang saya sudah pernah mem-publish beberapa post tentang e-book dan Kindle, antara lain tentang menggunakan Kindle, membeli e-book, dan membeli Kindle di Indonesia. Posts itulah yang termasuk paling sering dibaca.

Banyaknya orang mulai melirik e-book adalah karena e-book menawarkan banyak kelebihan dibanding buku yang dicetak dengan kertas. Meskipun begitu, banyak pembaca buku (cetak) tetap setia dengan lembar2 buku yang bisa mereka sentuh. Pecinta buku cetak biasanya mengeluhkan membaca e-book melalui komputer sangat tidak nyaman bagi mata. Hal ini bisa diminimalisir dengan membaca e-book menggunakan e-reader, tetapi e-reader belum menjadi pilihan utama para pembaca e-book, mungkin karena harganya yang rada lumayan menguras kantong. Untuk sementara ini, buku yang dicetak dengan kertas sepertinya masih menjadi pilihan utama para pembaca di Indonesia.

Nah, bagaimana preferensi kamu?

Ikuti survey saya di sini. Sebelumnya, makasih banyak udah ikut survey ini. It’s much appreciated. Melalui survey kecil2an ini, saya berharap bisa mengukur ketertarikan pembaca Indonesia terhadap buku cetak vs. e-book dalam skala kecil.

25 responses to “Survey #1 Pilihan Bacamu: Cetak atau Digital?

  1. Pingback: Paperbook VS Ebook | Petronela Putri (books)·

  2. Sejujurnya memang lebih enak ‘punya’ buku dalam bentuk fisik sih… Tapi karena saya banyak baca buku-buku YA (yg kadang belum diterjemahkan/mahal versi print-nya), jadi suka jg cari digitalnya. Udah gitu nggak ribet kalo dibawa kemana-mana dalam jumlah banyak.🙂 Fun survey, btw!🙂

    • Ayo ikutan surveynya, Mbak. Di klik aja link di teks itu.
      Udah mampir, Mbak. Itu blognya tentang apa? Kayaknya ga satu tema ya? Isinya gado2, banyak macemnya.

    • Mbak Dita, emang Kindle DX (pny Mb DX bukan yak?) ga support komik ya? Ini komiknya yg Mb maksud yg formatnya gimana? Q sih biasanya baca scanlation di KF. Lebih enak daripada baca di laptop, hehe.

      • ehh maaf. baru baca hihihi😀
        aku pake Kindle Keyboard. iya gak support komik. klo dibikin pdf kekecilan & ribet geser2nya. btw klo KF itu ada Google Play-nya juga?

      • JPEG juga ga bs, Mb? Q soalnya baca komiknya pake format gambar (JPEG, PNG, dll.). Udah cari app yg bs baca CBR, tapi belom ngopi komiknya.

        KF ga bs diinstalin Gplay apa ya kayaknya? I’ll check later. Blm instal sih. I’ll get back to you when I have.

      • bisanya jadi pdf, tapi merepotkan bacanya. iya, Mangle pernah baca di kaskus juga. tapi kayaknya musti digimanain dulu gitu. belum ada waktu buat ngoprek lagi😦

        udah pernah ke toko ebook reader di mangga dua itu? kayaknya asyik ya *mupeng

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s