Review #5 All You Can Eat – Christian Simamora

All You Can Eat

All You Can Eat | oleh Christian Simamora | Format: printed | Penerbit: GagasMedia |
Negara: Indonesia | Terbit: 2013 | ISBN: 979780643x| Bahasa: Indonesia | Tebal: 472 halaman | Harga: Rp60.000 |
Genre: Fiksi, Metropop | Link: Goodreads |
Rating saya: *** dari *****

Saya dapat novel ini dari buntelan #unforgotTEN GagasMedia (Thanks a bunch, Gagas, mwa mwa–menirukan bunyi kisses khas Bang Christian “Ino” Simamora). Di sela2 kerjaan freelance yang bikin saya ga bisa ikutan volunteer dan belanja di booksale Drive Books, Not Cars di EX Plaza Thamrin 6-7 Juli lalu nangis kejer, saya membaca novel ini. Habisnya, sedih banget, eh sebenernya bosen banget, kalo saya sambil kerja ga ada hiburannya sama sekali. Mata saya bisa jereng ngeliat layar mulu.

Anyways, duluuu banget ketika kuliah, saya pernah baca (kayaknya kalo ga salah; ingatan saya kadang ga bisa dipercaya) Pillow Talk-nya Bang Ino punya kakak sepupu yang hobi banget nimbun novel lokal. Ga tau berapa halaman saya baca waktu itu, tapi saya bete dengan penggunaan bahasa Inggris yang kurang pas. Secara, langsung di dalam otak saya muncul grammar police yang sebenarnya edeh banget (saya juga ga pengen kayak begini, tapi kalo udah otomatis ya gimana ya?). Well, kala itu memang saya agak skeptis dengan novel2 Indonesia sih ya, kecuali novel2 penulis besar (paling banter saya bacanya N. H. Dini sama Sapardi Djoko Damono juga cuman 1, yang bikin saya kayaknya agak kliyeng2—maklum, saya ga ada darah sastra sama sekali) dan buku2nya Mbak Dewi “Dee” Lestari (yang sumpah ohmaigat wow ohsoamazing) plus Mbak Fira Basuki.

Eh, cut the curcol, gurl. Saatnya mereviu.

First impression
Sampulnya! Ihirrr! Sangat provokatif sekali ya?  Not to mention, orang2an kertas eh paper doll-nya itu loh. Really creative and langsung mencolok mata. Mbak ilustratornya keren deh. Jadi inget hobi saya ngoleksi paper doll Sailor Moon, Minky Momo, dan tokoh2 anime lainnya pada jaman 90-an. Ihiks. Oh, betewe, sampe sekarang saya tetep ga nyambung kenapa judulnya All You Can Eat. Sepertinya Bang Ino ngasih alasan sih, tapi buat saya tetep: eh?

Meaningful quotes
Saya suka banget quotes yang ada di novel ini, baik yang memang quotes dari film2 atau serial2 TV, dan juga judul2 babnya.

Selingkuh: Meninggalkan yang tak sempurna untuk yang lebih tak sempurna
Kamu nggak mungkin lupa pada patah hati pertamamu.
Katakan padaku, bagaimana caranya melupakan seseorang yang mengingatkanmu akan banyak hal?
—Christian Simamora—

Meet the characters
Sarah “X” Kristina
Cewe usia 30 ini adalah seorang scriptwriter yang telah menelorkan beberapa script film yang sukses di pasaran, bukan berarti tanpa script yang bikin dia malu banget kalo ada yang ngingetin ya. She loves romance novels, lives with boyfriend of two years in her apartment, loves her BFF Anye.
Alejandro “Jandro” Putra Vimana
Good-looking, yummy-bod eksekutif muda berusia 23 yang dulu waktu SMP suka sama Sarah dan pernah nembak tapi ditolak. Cowok yang buat Sarah forever-nerd ini berubah dari cowo biasa2 a la Clark Kent menjadi cowo hawt a la Superman. *insert Man of Steel’s Henry Cavill here* Dia berhasil membesarkan grup ayahnya dengan usaha chain hotel, sekaligus membuktikan usia muda ga berarti ga bisa sukses.
Agnes “Anye” Vimana
High class, born-with-silver-spoon-in-the-mouth girl ini adalah kakak Jandro sekaligus BFF Sarah. Sekarang sedang berpacaran dengan bule Irish bernama Augustus—tapi biasa disebut Oggie biar hemat. Anye vs Jandro sejak dulu seperti Tom vs Jerry pikir sendiri mana Tom mana Jerry, tapi Sarah tau mereka berdua sayang satu sama lain.
Nuna
Cewe cantik yang disebut sebagai Barbie Sipit oleh Sarah ini adalah pacar Jandro. Koreksi, apa sebutan dia kalo Jandro adalah sepia karena cewek ini punya tunangan dari perjodohan oleh orangtuanya? Lebih muda, punya aegyo segudang, ga cinta sama si tunangan. Dengan Sarah juga udah kayak kucing sama anjing, kalo ga ditengahi sama Jandro bisa jambak2an.

The plot
Ditinggal cowok-cum-flatmate-nya selingkuh dengan instruktur yoga mereka, Sarah setelah dikompori Anye langsung mendepak si Burung Kotor dari apartemennya, dan menyepi ke Ubud untuk mengerjakan skrip film terbarunya. Di Ubud dia tinggal di villa orangtua Anye ditemani seorang housemaid. Things go without any problem until she catches a hot guy sans apparel in the bedroom. Curigation dong bok. But, wait! He recognizes her! Turns out, cowok ini adalah Jandro!!! *insert emoji megap2 manyun di sini*

Ternyata berdua punya misi yang sama datang ke Ubud: menyepi demi licking the wound akibat putus sama pacar. Meskipun udah lama banget ga ketemu, mereka akhirnya ngobrol dan curhat2an soal le break-up. They get chummy-yummy sampai Nuna mengabarkan dia datang ke Ubud dan minta dijemput Jandro. Me: Say what??? Dumpers don’t get favors from dumpees, you Barbie Sh*t Sipit. Tapi dasar Jandro terlalu baik atau bego? dia mengajak Sarah menjemput Nuna dan mengenalkannya sebagai pacar baru. Bahkan pake acara hot kiss di depan Nuna segala.

Intinya adalah… Sarah falls in lust with Jandro. And vice versa. That’s what happens when you’re alone in the room with a guy with an amazing bod and you just got your heart broken. Untuk Jandro, this goes depeer than just skin: Sarah adalah cinta pertamanya, yang menolak dia mungkin ga mentah2 amat tapi setengah mateng? karena usia mereka yang terpaut 7 tahun dan karena dia hanya melihat cowok itu sebagai adeknya Anye. Dan seperti salah satu judul bab dalam buku ini: Kamu nggak mungkin lupa pada patah hati pertamamu. Kalo minjem lirik Cat Stevens atau (ini yang lebih saya kenal) Mbak Tante? Sheryl Crow: The first cut is the deepest.

Throw in a vicious ex in the mix, an interested good guy, a best friend whose opinion you hold with high regards who’s also the sister of the guy you’re lusting over, and your age issues regarding relationship, you’ve got some interesting tangles to, uh, well… untangle. Tapi Bang Ino memastikan dalam sampul belakang novelnya, this. story. ends. happily.

Through my glasses
Ini adalah novel pertama Bang Ino yang saya baca sampai full. Buat yang ga ngeh dengan novel2 si abang deuh “si abang”, lagaknya kayak kenal aja kayak saya mungkin akan kaget dengan gaya cerita yang sangat blak2an dan penuh dengan kata2 yang perlu disensor (dan adegan2 yang perlu disensor juga, uhuk) karena memang tidak ada keterangan Dewasa di sampulnya. Buat saya, however, ini sama sekali ga masalah karena… seriously, saya sudah 25+ gitu loh, dan tontonan/bacaan saya juga ga beda2 jauh sama si abang. In fact, banyak banget sumber quotes si abang yang kemungkinan saya udah nonton.

Yang pertama akan saya sorot adalah, sebagai grammar police wanna-be yang baik, the use of English. Plis, plis, plis, Bang Ino, let me be your proofreader. Saya tau kok jadi editor itu sulit. Sambil ngaca juga sama pengalaman. But I’d really love to see if there’s anything I can do to make something better, you know. So, kalo Bang Ino liat postingan ini… rekomendasiin saya dong ke Gagas. Eheh. #ngarepbanjet

The premise is actually pretty simple yah but so far I liked it. Saya cuman agak frustasi lebay dengan Sarah yang menjadikan umur sebagai alasan untuk ga mengikuti hatinya. Well, duh, it’s only 7 years. Paling banter beda umur segitu jadinya kakak-adek, belom sampe tante-ponakan. Ga bakal deh gandengan berdua dikira gigolo sama tante girang. Apalagi si Sarah termasuk kategori hot. Terus, saya kasian sama Ubud fling-nya Sarah. I mean, hello??? He’s totally a great guy. So far belom ada tanda2 dia stalker ato psikopat. Jadi, Masnyaaa… udah deh sama saya aja. #ngarep

Saya ngerasa stakes di dalam novel ini kurang tinggi aja. Well, gimana ya… secara, beda umur cuman 7 tahun itu semacam kurang impactful. Ga akan gimana banget keliatan di masyarakat. Entah deh kalo Yuni Shara sama Raffi Ahmad itu bedanya berapa taun. Tapi toh sepertinya masyarakat sudah ga terlalu mempermasalahkan. Trus tokoh2nya sekarang are in a good place. Saya sih ga hobi mencari buku inspirasional atau apa, tapi misalkan ada tokoh yang digambarkan masih struggling, entah itu secara kerjaan, impian, idealisme, atau apa, that would make a more compelling read. Misalnya dalam novel Anna David, Bought. Dasarnya emang saya juga lebih tertarik sama dilema internal yang interrelated dengan berbagai hal: dreams, relationships, life.

But it was a fun read. I love it when the characters are equally matter-of-fact sparring partners. Emotions make a good narrative, but great lines and clever comebacks make an even better one.

P.S. Ada keterangan “Novel Dewasa” di sampul belakang, pas di barcode buku. Sayanya aja yang memang sama sekali ga ngeh dengan keterangan itu sebelum dikasih tau Mbak Desty di komen di bawah ini. Jadi, kalo belum 20+, jangan baca novel ini yah.

70 responses to “Review #5 All You Can Eat – Christian Simamora

  1. Hahaha saya dapat ini di IRF. Kalau nggak ada label DEWASA-nya, mungkin saya nggak pernah baca buku model beginian #eh

  2. Blogwalking xD Wah reviewnya bagus *belajar*
    Aku doain ketemu Jandromu juga deh, atau minimal holiday flingnya Sarah, tuh… oke juga :)) Dan moga-moga Bang Ino mengabulkan harapanmu xD

    • Amin. Ah iya! Holiday fling si Sarah itu juga keren, dan perlu dibikinin novel sendiri. Aku mau bilang ke Bang Ino. Ehehehehe.

      Amin. Semoga yah. Kemaren sih sempet ngobrol2 dikit sama Bang Ino di GR, tapi malah lupa rekues. Ohohoho.😀

  3. Usul ama bang Ino,, sebaiknya novel ini dibuat filmnya… Setuju gak?? refrain punya wina efendi aja udah ada filmya. Afgan lagi pemerannya.. Tapi harus banyak kena sensor ya… Heee

  4. Moga sukses jadi proofreadernya ya… Your English is so amazing :)… Editor dimana kamu wid???

  5. wow,,, cameo ya… Berarti gak penting lagi donk mereka berdua… haaa… Pengennya sich pasca yang ending cerita tu kan berakhir bahagia ada kelanjutan ceritanya… Diuji lagi donk cintanya si jandro… Heee

    • Ya tinggal psn aja sm Bang Ino. Kok q jd pgn bikin postingan Dear Bang Ino, plis bikin serial AYCE yah? Hahahaha. Nanti ide km dimasukin jg. Kali aja bakal dipertimbangkan.

  6. Pengennya plus ngomongin irvan juga… Tapi jangan lupa juga jandro and sarah jangan diilangin… Hehehe… Pengennya ya… Aku gak bikin twitter wid… Yang ada facebook… Heee

  7. Aku udah selesai baca novelnya… Pengennya sich ada all you can eat part 2,,, Permintaan aku sebagai pembaca aja ya… Tapi sayangnya dari novel ini cerita irvan hilang begitu saja di tengah cerita

    • Iya. Bisa tuh kasih saran ke Bang Ino buat bikin semacam AYCE series, nanti buku kedua ngomongin Irvan. Kan dia ga ada backstory-nya, bisa tuh dibikin. Ide bagus banget! Mention aja di Twitter, jangan lupa mention aku juga.😀

  8. yupz… namaku nuril.. tapi kalo interaksi media sosial aku rezki… hehehe…. Nah itu alasannya jadi suka novel gagas media selain sampulnya menarik,, ceritanya juga gak kalah menarik🙂

  9. Pingback: Daily Random Life | reginalicious·

  10. koreksi mbaaaaak, ada kok keterangan ‘novel dewasa’. di back cover tapi, hehe. aku jg uda baca ini, tp blm bikin reviu. nice review, dan semoga keinginan untuk jadi proofreader segera kesampaian. (utk novel bang christian selanjutnya, mungkin? dese lagi nulis novel lagi soalnya).😀

    • Iya, ntar aku kasih PS di bawah post. Abisnya di belakang, aku suka ga merhatiin. *alesan*

      Amin yak. Mo ngubungin Bang Ino dulu, kali via e-mail gitu bisa ya? Siapa tau kan ya….

  11. ehh, kalo fall in lust aja mestinya gap 7tahun itu ga masalah dong, eh ini jadi sandra fall in love beneran gitu kali ya sama Jandro😐
    hahha, reviewnya asik kak widi ^^d
    *tapi aku tetep ga tergerak baca ^^v, well, not my cup of coffee😛

  12. wid,,, aku udah dapatkan bukunya… Ha… Kemaren aku memang hubungin gagas media lewat facebook,, ada respon… Ternyata hari ini udah ada di book store banjarmasin…

    • Waah, bagus. Nanti kalo udah selese baca, kasih pesan-kesan di sini ya.😀
      Eh btw, kayaknya q belom pernah nanya, km cowo apa cewe ya? Soalnya nama km kan rada ambigu, ky nama q. Ehehehe.

  13. Gara2 novel bang christian ya,, kita jadi kenalan…Haha… Namaku sebenarnya nuril rezki… Heee…Kamu penggemar novel juga ya???

  14. Iyya donk wid,,, aku bacanya malam aja… Siang fokus ibadah… Ya nich aku udah mesan juga ama CS gramed,, kalo bukunya ada,,, kasih kabar…Hooo…. kamu tinggal di jakarta ya wid?? Salam kenal.

    • Tapi malem jg bagusnya ibadah. Dilema dong? Ahahaha.
      Oh gitu, bagus deh.
      Iya, di Jakarta.
      Buset dah, udah ngobrol banyak gini baru kenalan sekarang. Salam kenal.😀

  15. Ya saya harus belajar sabar menanti sesuatu yang membuat saya penasaran wid… Hohoho… Bang christian nich gencar promosiin novel baru belum ampe ke banjarmasin… Heeee….

  16. Tapi kasih bocoran dikit donk wid,,, gimana juga jandro and sarah akhirnya,,,? Kayaknya tu pasangan serasi banget….hehehe….

    • Bang Ino udah membuka soal masalah endingnya: Berbeda dengan penulis lain di luar sana, aku akan berterus terang mengenai akhir novel ini: bahagia. Nah, tapi aku ga akan bocorin gimana jalannya mereka sampe ke sana.😀

  17. Thanks,,, atas sarannya mba widi… But,,, udah dicoba tapi nemuin kendala beli buku online… Gak biasanya gramedia banjarmasin telat ngeluarin novel2 gagas media,,. Moga cepat ada….

    • Sama kayak komen saya buat Rezki yg jg belom bs nemuin AYCE di Gramedia Banjarmasin, kamu bs beli buku secara online loh. Malahan, kalo beli online tuh biasanya dpt diskon antara 10-20%.

  18. di banjarmasin,,, belum ada novel dari bang christian yang all you can eat… Padahal udah bolak balik gramedia😦 … Penasaran ama ceritanya… Ya moga cepat ada di toko buku…

    • Rezki, kamu bs beli buku secara online loh. Malahan, kalo beli online tuh biasanya dpt diskon atara 10-20%. Kl memungkinkan, coba aja. Katanya Bukabuku.com lumayan oke utk pesen2 online.😀

  19. Hehehe… sejak berapa halaman pertama baca AYCE ini aku udah mulai tinggalin persepsi grammar, kebakuan, dan eyd karena aku liat si penulis (dan editor?) sengaja nyetting ini gaul abis! Kalau nyorotin masalah penulisan kata yg gak sesuai KBBI mah banyak buanget, haha! Review yg aku buat pendek, lagi nggak mood bahas teknis. Tapi baca review ini aku jadi tergelak juga, Widi nyampeinnya tepat sasaran, lol. Karena sebenernya konfliknya gitu2 aja, yg bikin seru ya penceritaannya, imo. :)))

    • Nah itu kalo gaulnya ga masalah. Tp untuk English, q berasa gatel. Kan biar bisa buat belajar para pembaca juga, gitu. Keren kan kalo jadi pada suka English abis baca novelnya.😀

      Plot-wise emang ga gimana bgt gitu, tp q suka bahasanya sih. Banters-nya oke. Jadi berasa rada gaul kalo bs mudeng. #maklumgagaul

      Baca ini bs ketawa? Syukur deh kl bs agak lucuan. Hahaha.

  20. aku jadi pengen baca bukunya mbaaaaaaak…review yang ditulis mbak widi oke nih..mention aja link reviewmu ke penulisnya mbak🙂

    • Makasiii.
      Udah aku mention di Twitter. Eheheheh. Moga2 si abang mau ya rekomendasiin q buat proofreading. Eheh. #ngarep
      Ebetewe q udah reply comment km yg di postingan Fanfic itu.

  21. banyak adegan hot nya ya mbak. Hehe, tapi kayaknya udah trademarknya mas christian ya. soalnya aku pernah baca pillow talk yang kayak gini juga

    • Emang. Dulunya katanya si abangnya mulai dari fiksi remaja, tapi terus beralih ke dewasa dan udah ga bisa balik lg. Lagian, liat umur jg kali ya. Penulis 25+ nulis gita cinta anak SMA (cie) itu kok kayaknya aneh aja. Hahaha.

      Ebetewe km udah boleh baca yg hot2 begitu kan? Ini sih itungannya ga terlalu eksplisit sih. Coba deh km baca terjemahan novel luar yg ada adegan hot-nya. Rasanya pengen kipas2 trus nyemplung ke kolam, hahahaha.

      • wkwkwk, secara aku udah mau 23 juga mbak😀
        Yang kipas2 luar aku baru baca yang mr. grey itu sama waktu itu pernah baca “sleeping beauty” Kacrut bener..

      • Btw, komen km kok masuk spam ya. Untung q cek.
        Km baca 50 Shades? Wooow. Trus gimana tuh ekspresi km waktu baca? Dahi kerut2 ga karuan? LOL.
        Sleeping Beauty itu novel siapa?

      • hahaha, gimana yak? ^_^
        Lupa pengarangnya, pokoqnya kacrut banget deh. Entah aku yg gak jelas ceritanya atau karna cuman nyimak bagian gitu2nya aja (yang sangat mendominasi).

      • Ah, lagi2 komen km masuk spam.
        Judulnya Sleeping Beauty doang? Kemaren soalnya anak2 BBI di WhatsApp BBI Bajay (nasional) ato Bajay Jabodetabek ada yg ngomongin something2-Sleeping Beauty gitu. Fanfic Twilight juga bukan sih?
        Hedeh… yg dibaca kenapa yg itu2 aja? Hahahaha.

  22. and i looovvvveeeee reading this review. Mudah2an beneran keterima sama Gagas. Yep…gagas sangat perlu proofreader yang mumpuni

    • Makasih, Mbak. (>_<) Terharu kalo ada yg suka.
      Amin, amin, amin. Q kalo masalah editing masi jongkok bgt, Mbak. Tp bisalah proofreading dikit2. Belajar dari sering nge-proofread skripsh*t temen2 yg setebel2 kamus itu. Tapi si abang author baca enggak ya? Pengen kenalan si….

What do you think?

