NetGalley: Publikasi Penerbit dan Ladang Buku untuk Blogger Buku

Pertama kali saya mendengar tentang NetGalley baru sekitar 2-3 bulan yang lalu. Saya penasaran….

Sebenarnya apa sih NetGalley itu?

NetGalley is an innovative and easy-to-use online service and connection point for book publishers, reviewers, media, librarians, booksellers, bloggers and educators.

NetGalley delivers digital galleys and promotional materials to professional readers and helps promote new and upcoming titles. Professional readers–reviewers, media, journalists, bloggers, librarians, booksellers and educators–can join and use NetGalley at no cost.

NetGalley adalah situs yang membantu para penerbit buku dari Australia, Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris mempromosikan buku mereka (baru saja terbit atau baru akan terbitu) dengan cara membagikan e-galley ke “pembaca profesional”: reviewer, pekerja media, jurnalis, blogger, petugas perpustakaan, toko buku, dan pengajar. E-galley ini artinya publikasi digital yang digunakan untuk media promosi, review editorial, review pembeli, atau tujuan2 serupa yang bisa berupa draft atau kopi buku yang sudah terbit.

Registrasi NetGalley gratis. Setelah registrasi, kita bisa me-request judul buku yang kita inginkan. Sebelum itu, kita harus mengisi profil; semakin lengkap profil kita, semakin besar kemungkinan request atau permintaan kita dikabulkan oleh penerbit. Jika kamu tidak bekerja di penerbitan yang menerbitkan buku terjemahan, bukan jurnalis dll. yang disebut di atas tapi kamu blogger buku, kemungkinan permintaan kamu diterima cukup besar. Saya bekerja di penerbitan yang menerbitkan buku terjemahan (ini saya cantumkan dalam profil), jadi mungkin ini mempengaruhi banyaknya permintaan saya yang dikabulkan (lebih dari 50 hingga hari ini). Sampai hari ini saya belum mencantumkan blog buku ini, tapi saya mendapat cukup banyak approval.

Galley setelah request mendapat approval (jika setting “sent to Kindle” dimasukkan)

Apakah kita wajib menulis review atau memberikan feedback ke penerbit?

Sebenarnya tidak. Namun, lebih baik kita menulis review atau memberikan feedback jika tidak bisa menulis review untuk buku itu, karena penerbit lebih sering mengabulkan request anggota yang sering memberikan review.

Bagaimana membaca e-galleys yang kita dapatkan?

Untuk bisa membaca e-galleys, kita harus menginstal Adobe Digital Editions lebih dulu (gratis). Entah dengan komputer atau Android, Setelah permintaan kita dikabulkan, kita akan mendapat pilihan untuk men-download file acsm judul buku itu.  File acsm ini jika dibuka akan menuntun kita ke Adobe Digital Editions untuk men-download galley itu. Menurut pengalaman saya, file ini hanya valid untuk hari yang sama. Jadi, jika kita menyimpan file ascm itu kemarin, kita tidak akan bisa men-download galley itu hari ini. Buku yang kita dapatkan bisa saja memiliki DRM (digital rights management) atau tidak, tergantung kebijakan penerbit.

Adobe Digital Editions

Proteksi e-galleys

Jika galley yang kita request terproteksi, biasanya galley itu akan habis masanya dalam suatu periode (biasanya 60 hari) sejak pertama dibuka di Adobe Digital Editions. Tapi jika dalam periode itu galley itu belum selesai kita baca, kita bisa mendownload lagi kopi dari NetGalley. Yang perlu dicatat, e-galleys memiliki tanggal archive di mana setelah tanggal itu, penerbit menghapus galley itu dari katalog NetGalley. Artinya, kita tidak bisa lagi men-download  galleys tadi. Galleys yang sudah di-download ke komputer atau tablet kita juga tidak akan bisa diakses setelah archive date itu. Tapi, jika kita memasukkan opsi setting send to Kindle dan sudah mengirimkan galley itu ke Kindle kita, kita akan tetap dapat membaca buku itu di Kindle device meskipun sudah melampaui archive date.

Menurut saya, ga ada ruginya sih mencoba NetGalley ini. Kamu bisa membaca draft buku yang belum terbit. Bisa jadi, kamu bisa mendapat approval untuk request kamu atas buku karangan penulis favorit kamu. It’s worth a try. Kekurangannya adalah… tentu saja kamu hanya bisa mendapat kopi digital buku2 yang ada di katalog, dan sepertinya tidak bisa kamu cetak sendiri juga. Tapi kalau kamu kerja di penerbitan dan sedang mencari buku untuk diterjemahkan dan diterbitkan, it’s a place to start.

6 responses to “NetGalley: Publikasi Penerbit dan Ladang Buku untuk Blogger Buku

    • Oh, daftar aja. Kl punya blog buku & aktif blogging, kupikir bakalan sering di-approve kok. Q aja request lebih dari 50 buku pas belom bikin blog buku, sering di-approve kok. Tp ditolaknya jg banyak. Hahahahaha. Cuman, itu karena syarat dari tiap penerbit beda2 sih. Utk penerbit2 besar, emang rada susah dpt approvalnya.
      Tapi, daftar aja! Lumayan kan kl bisa dpt buku yg OK, ky q dpt The Escape Diaries.

      • mungkin bisa berisi book teaser, buku rekomendasi atau buku-buku keren yang seharusnya diterjemahin. Atau bisa juga profil penulis atau semacam list-list gitu keren juga kali mbak🙂

      • Iya! Q udah rencana selain post review (berarti buku Ind ato En yg udah ada terjemahan Ind) mo post buku keren yg blm diterjemahin ke Ind. Bisa2. Great ideas. Makasih ya.

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s