Pakai Kindle di Indonesia? Kenapa Ga? (UPDATED)

I’m a cheapskate.

Singkatnya, itulah kenapa saya lebih banyak baca e-book ketimbang buku. Selain karena ga ada budget buat beli buku-buku yang saya pengen (kebanyakan buku yang saya pengen memang berbahasa Inggris, yang artinya saya harus beli buku impor), saya juga ga punya tempat buat naruh bukunya. Karena saya perantau, e-book adalah pilihan tepat karena saya bisa bawa sebanyak-banyaknya tanpa makan tempat. Dan ketika saya pindah atau balik ke kampung, saya ga perlu ngirim berkardus-kardus buku ke rumah. Cukup bawa external harddisks saya.

Selama ini saya selalu baca buku di laptop. On a small, portable desk, tanpa kursi, yang otomatis bikin saya sering sakit punggung. Jadi, saya bacanya ga selalu duduk. Sering juga saya baca tiduran, on my stomach. Berbagai cara saya lakukan biar membaca di laptop jadi lebih mudah. Misalnya nungging menjauhkan mata dari layar sambil membesarkan tulisan biar tetap kelihatan tanpa kacamata.

Solution: An E-reader Device

Lalu saya mikir, “Beli tablet aja kali ya?” Tapi dengan budget seadanya, tablet apa yang bisa saya beli? Setelah browsing review-review ke sana kemari, akhirnya saya mantap membeli Kindle Fire (First Generationmelalui teman yang sedang berada di US. That was November 2012. Dan karena teman saya balik ke Indonesia baru Juli 2013, otomatis saya menunggu dia pulang karena ongkir ke Indonesia lumayan juga (like I said earlier, I’m a cheapskate). Karena saya telat pesan, kiriman Kindle saya terhalang traffic Natal dan baru sampai ke teman saya awal bulan Desember.

Kindle Problems and Limitations and How to Get Around It

Saya harus membaca banyak sekali halaman Amazon Help untuk mengetahui bagaimana memakai Kindle Fire ini. Karena Amazon tidak punya basis di Indonesia, saya harus mendaftar dengan alamat di US (dengan alamat teman saya). Tadinya saya takut ga bisa beli e-book di Kindle Store karena saya ga punya credit card dan memang ga niat bikin. Tapi, kita bisa kok beli buku dari Amazon tanpa kartu kredit on file (dicantumkan di akun). Caranya? Pakai gift card. Saya nitip teman untuk membelikan gift card yang kemudian saya redeemJust in case saya pengen beli buku. Selama ini sih, saya masih menikmati e-book gratisan yang “dijual” Amazon.

E-books klasik misalnya karya Charles Dickens, Jane Austen, dll. ada di Amazon dan rata-rata gratis karena sudah menjadi public domain. Banyak juga e-books baru yang digratiskan di Amazon dalam durasi tertentu (bisa hanya satu hari saja). Saya biasanya mencari daily free e-books di Daily Free Books yang cukup komplit karena bisa search by genre, ranking, stars. Selama Kindle ini belum ada di tangan saya, saya juga bisa mengirimkan e-books dengan format (yang bisa dibaca Kindle) ke alamat e-mail Kindle saya, free of charge.

Selain itu, saya juga mengirimkan e-books yang saya dapat dari NetGalley (harus daftar dan mengirimkan request, baru bisa men-download buku jika sudah disetujui oleh penerbit) ke Kindle saya (setelah memasukkan alamat e-mail Kindle ke dalam setting).

Saya bisa membace buku2 itu sekarang walaupun device Kindle Fire ini belum ada di tangan saya, melalui Kindle Cloud Reader yang saya buka melalui komputer (laptop butut saya atau PC butut kantor). Setelah nanti Kindle saya peroleh, saya juga bisa memasukkan sendiri e-books yang saya punya ke dalam Kindle device melalui komputer.

Sayangnya, sampai sekarang saya masih punya masalah dengan apps. Karena saya ga punya US credit cards, saya ga bisa beli apps, bahkan yang gratis sekalipun. Kindle Fire HD punya fitur VPN (virtual private network) yang bisa membuat device Kindle seolah2 berada di US karena memakai IP address US. Sayangnya, fitur ini belum ada di Kindle Fire. Saya masih bingung gimana cara mengakali masalah ini. Sudah browsing ke mana2 belom nemu tutorial yang jelas dan mudah dipahami karena saya gaptek walaupun saya lancar baca instruksi dalam bahasa Inggris. Di Youtube pun ga ada. :’(

Otomatis karena nantinya saya ada di luar US, saya juga ga bisa menikmati one-month Kindle Prime trial untuk mendownload video. Padahal pengen juga sih. Walaupun saya sudah punya banyak stok video (lebih dari 2 TB film+TV series), lumayan kan kalau bisa menikmati fitur ini.

Anyone who reads this, assuming that someone does, please help me get around the problem of using Kindle Fire outside of US, especially setting up VPN. Tolong banget kalo ada yang punya Kindle Fire dan pernah praktek set up VPN atau kenal dengan seseorang yang pernah coba, kontak saya ya.

Don’t speak any Indonesian? Looking for the English version? Click here.

UPDATE 20 Juli 2013

Ini adalah hasil menjawab pertanyaan Gladys tentang CONS Kindle Fire, khusus buat Ren dan temen2 lain yang pengen tau lebih banyak tentang Kindle Fire.

PERTAMA
Kindle dibandingkan dengan tablet lain itu kayak Mac versus Windows. Amazon membatasi aplikasi2 Android yang diinstal ke Kindle. Misalnya, Kindle yang ga di-root ga bisa menjalankan aplikasi screenshot. Ini agak mengganggu buat saya yg butuh banget fitur ini. Masih ada lagi aplikasi2 android yang ga bisa dijalankan di Kindle. Bisa diinstal, bisa dibuka, tapi ga bisa beroperasi.

KEDUA
Kindle ga dijual Amazon secara langsung di Indonesia. Artinya kalau kamu beli langsung dari Amazon (US atau UK) ongkirnya muahal bgt. Saya ga tau dia ada semacam “distributor” di Singapura atau ga, tp setau saya Amazon ga punya basis di Singapura. (Kalo ada, kan bakal lebih irit ongkir.) Kalo kamu beli di toko di Indonesia, harganya udah jauh lebih mahal.

KETIGA
Kindle Fire hanya punya memori internal 8 GB (dan yang bisa kamu pakai itu sekitaran 5,5 GB–karena sisanya dipakai untuk aplikasi bawaan Kindle), ga punya kamera, dan ga punya slot memori eksternal. Buat saya sih sebenernya segitu ga cukup, tapi saya masih punya cara untuk ngakalin itu.

Sebenernya itu sih utamanya CONS untuk pertimbangan beli Kindle vs. Android lain, misalnya Samsung. Kalo saya, sebenernya mikir masalah budget kan…. Saya beli KF ini karena waktu itu belum ada tablet branded yang oke dengan harga 1,5 jutaan. Tapi beberapa bulan setelah beli langsung ada Asus sama Acer yg 1,5 jutaan.

About these ads

49 responses to “Pakai Kindle di Indonesia? Kenapa Ga? (UPDATED)

  1. saya tertarik mau beli kindle fire hdx ni mba. Tapi pengennya sih yang 3g/LTE. Kira2 bisa dipake buat operator indo ga yah? yah minimal telkomsel aja juga gapapa. makasih infonya mba.

  2. Temennya msh di us gak? Bisa dititipin gak?
    Mau Nook HD+
    Kalo bli dsini, harganya 2x harga asli ㅠ.ㅠ
    /desponyariereader/

  3. Hi Widi, Jadi kalau punya Credit Card US dan Address US, kita bisa pakai Kindle di Indonesia tanpa ada restrictions? Jadi bisa download buku apa aja? Amazon account kamu settingnya United States atau diganti ke negara lain? Dan gak repot kan soalnya I’m planning untuk beli Kindle Paperwhite. Thanks yah!

  4. Halo, salam kenal
    Review yang menarik dan penjelasa di komentar menambah wawasan tentang kindle.
    saya rencana mau beli kindle fire, jika saya ingin download aplikasi gratis dari amazon app store melalui wifi dengan gadget kindle, apa saya harus mendaftar akun saya dengan alamat US, kartu kredit US, dan wifi IP US juga ?
    Jika cuman ada alamat US saja, sementara kartu kredit Indonesia dan IP indonesia, apakah masih bisa?
    Terima kasih

    • Salam kenal.
      Makasih.
      Seingat saya, harus pakai alamat US, CC US, dan IP US. Kalau IP masih Indonesia, akan kena “geographical restrictions”.
      Agak tricky sih, memang. Kalau pakai Kindle Fire HD sih bisa pakai VPN katanya (Kindle Fire katanya ga bisa). Kalo mau lebih gampang, bisa nge-root Kindle-nya, tapi itu lebih tricky lg. Kata temen sih, dia sudah berhasil nge-root Kindle Fire-nya. Saya ga berani, takut Kindle-nya nge-brick.
      You’re welcome. :D

  5. THANKS!

    Now i can download from 1mobile AND install it. Though I’m still trying to tinker around downloading ES file manager.

    Anyway, if you’re ever in my area (K.Gading) I’ll buy you a drink or 2.
    ;)

    • Thank God! Glad that helped. Couldn’t you find it on 1Mobile?

      Oh, that’s nice of you. Yeah, we should meet up sometime. Oh, btw, I got your e-mail, so, maybe we could continue this via e-mail sometime?

  6. Yeah, dari Silk. Udah buka 1mobile.com, udah ke 1mobile.com/app/market dan download 1mobile marketnya. Tetap aja bingung mau dicari di mana installer nya itu.

    I don’t mind waiting. Sorry for the trouble and..thanks.. :D

    • Oh my God! *tepok jidat* The solution is actually pretty simple, I think. Maybe. Ugh. I’m a forgetful person who hates forgetting things. *tepok jidat lagi*

      In the Setting, tap on Device, and then turn on Allow Installation of Applications from Unknown Sources. I’m so sorry. How could I have forgotten that, I have no idea. Oh, wait, I just forgot that I’m actually forgetful. Oh well. Now the first thing after you do that … is installing the file manager. ES file manager or something.

      Hope that helps!

    • Dari 1Mobile.com! :D Ada kok. Tapi berarti selama ini download app dari 1Mobile.com via Silk ya?

      Coba nanti setelah pulang kantor aku cek dulu yah. Kalo buka dari app-nya 1Mobile, kalo buka page app tertentu, setelah app itu kita download tetapi belom diinstal, yang tadinya kotak “download” itu berubah jadi “instal”, jadi bisa kita instal dari situ. Kalo dari Silk, aku ga inget sama sekali.

      Nunggu ga apa2 ya? >_<

  7. Hi Widi, new KF HD user. Ini masih gak bisa download apps (Country and method payment issue blabla) biarpun udah ganti alamat account amazon di US. Apa perlu diset juga method of payment (masih kosong) ke cc US?

    And also, gimana cara buka apps yang udah didownload via 1mobile.com?

    Thx.

    • Hai, thedarkpassenger. Welcome to the Indonesian Kindle community. Memang KF ga bisa mendownload apps dari Android Market kalau tidak berada di lokasi basis Amazon secara fisik. Meskipun mengeset CC, tetap ga bisa. Akan kena “geographical restrictions”.

      Kalau sudah mendownload app dari 1Mobile.com, biasanya nanti keluar notifikasi di KF-nya kan? Itu diklik aja, trus diinstal langsung. Gitu. Untuk nyari file APK-nya, memang harus membuka folder di mana APK itu disimpan.

      Semoga membantu. Kalau masih bingung, boleh tanya lagi ke sini. Aku bisa bantu kasih link file APK yang udah aku download, kalau mau. Yang standar2 aja biasanya semacam MX Player, Yahoo Messenger, Yahoo Mail, Line, Facebook, Twitter, gitu ya?

      • waduh.. gak keluar notifications. Makanya bingung bagaimana cara mengakses installer-nya.

        Aku buka 1mobile.com via KF-HD, trus download apps nya (Facebook & Line). Memang ada keluar download complete, but that’s it. Gak tau mau diapain, gak ada yang bisa diklik…

      • Biasanya setelah download selesai, ada notifikasi download complete, lalu ada keluar pilihan untuk menginstal. Setelah di-OK atau accept (atau apa pun itu–lupa sih, hehehe), app akan terinstal dan bisa diakses.

        Btw, ini buka 1mobile.com-nya dari Silk?

  8. Numpang tanya, sy punya koleksi ebook yg banyak utk ilmu2 sosial, jd saya pikir tidak perlu di amazon atau toko ebook lainnya. Apakah ebook yg kebanyakan formatnya pdf tsb bisa langsung ditransfer dan dibaca di kindle? ato hrs beli ebooknya dari amazon? trims

  9. salam kenal mbak, ak baru beli kindle fire 8GB nitip dr temen di amerika, udh daftar cloud reader dan kindle for PC dengan maksud mau beli ebooknya lewat amazone lalu bisa aku transfer ke kindle fire nya, karena dirmh lg gak ada wifi. problemnya dari tadi mau beli kindle book dari amazonenya gak bisa , tidak bisa didownload. , padahal disitu tulisannya “available for download now” tp tidak bisa di klik.

    informasi sedikit, saya sudah punya email amazone dari dulu karena dulu pernah tinggal dilondon, dan sampe sekarang pun masih suka belanja buku diamazone yang edisi hardcover dan bayar pake visa dari indonesia, tidak pernah ada masalah..

    terimakasih sebelumnya yaa :))

    • Salam kenal, Farah. Aku tetep bisa aja. Coba cek setting location. Trus setting 1-Click Payment. Ini bisa diliat di Help.
      Btw, krn lokasi km di Ind, nanti akan terhalang geographic restrictions jg jd ga bs donlot apps. Triknya udah aku tulis di komen.
      Kl msh blm bs jg, bs tanya2 aku lagi di sini.

  10. Saya baru titip yg kindle fire HD ke temen yg mau mudik ke indonesia..

    Apa supaya bisa beli apps kita harus set up sesuatu dulu di kindlenya di USA? Mumpung dia masih di sana.. Hahaha
    Apa karena udah ada VPNnya gampang aja bisa di atur2 di Indonesia..

    Maklum aga gaptek n kurang ngerti VPN dan semacamnya itu hehe

    makasih ya

    • Saya punya solusi buat dpt apps tanpa Google Play & Android Market. Caranya bs sideloading dari Android lain. Misal punya hape Android, ato temen punya Android, bs cari apps-nya dari Google Play dg Android itu, trus membackup file APK-nya, lalu kopi ke Kindle Fire.

      Cara yg lebih gampang adalah membuka 1Mobile.com trus men-download dari situ. Saya udah mendownload & menginstal app 1Mobile. Enak banget pakenya. Dari situ udah download & instal banyak apps spt: MX Player, The Huffington Post, Guardian, BBC News, Yahoo Messenger, Yahoo Mail, Line, Kobo, Facebook, Twitter, Scope, Goodreads, dll. :D

  11. wah, hargannya lebih murah ya dari tablet biasa :)
    Tapi kayaknya nanggung, karena saya orangnya musiman :p
    Kalo dibeli buat baca aja, cuma saya yang bisa make, soale orang rumah nggak ada yang suka baca. Tapi kalo beli tablet sekalian, bisa banyak fungsinya, termasuk untuk main game buat pricil-pricil *baca: ponakan-ponakan segede upil :p

    Tapi nice post, saya jadi tahu hal baru. :D *browsing lebih lanjut

    • Salam kenal.
      Spek gadgetnya bisa diliat di link Amazon yg ada di postingan, Mbak. Kindle Fire itu pakai OS Gingerbread, kalo ga salah. Yg HD pakai ICS. Kindle Fire (first gen. bukan HD) lebih cocok utk baca karena cuma 8 GB dan ga ada slot memori eksternal. HD juga ga ada slot memori eksternal, tapi 16 & 32 GB (64 utk yg 8.9″), jadi agak lumayan.
      Buat saya sih buat nonton dll. pun KF udah oke. Tapi emang ga ada kamera, ga bs screenshot kalo belom rooted.
      Sekarang tinggal Mbak mau cari tablet utk keperluan apa sih, kl masalah budget udah ga masalah. Krn saya cari yg utk baca saja, tadinya saya mo beli Kindle Paperwhite/Touch, tp tergoda KF yg murah tapi berwarna, dan di Indonesia msh jarang bgt yg punya.

  12. Kak, aku bantu ya, biasanya aku beli di orang ini, paling seneng lewat chat pas dia online sih YM-nya,responnya cpt, gampang tinggal transer aja ntar langsung dikasih link downloadnya, full hloo bukan reviewnya doank, waktu itu aku belinya masih yg pas diskon 90%, jadi harga ebooknya 90ribu misal cuma bayar 9ribu aja …so far aku baru beli 7 kalau ga salah .. aku copy-in urlnya yg last page aja ya …

    http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014978217/diskon-90-jasa-pembelian-semua-kindle-ebook-original-amazon/22

    Salam kenal, kebetulan aku pakainya kindle touch :)

    • Hai, Tyas. Makasih atas responsnya. Aku pakai Kindle Fire New Gen. Udah bisa beli e-book karena aku nitip gift card lwt temen (di Indonesia).

      Aku udah banyak beli yg “gratisan” di Amazon. Udah kebanyakan donlot malah bingung mo baca apa dulu. Hehehe. Sekarang lg mo baca yg dari NetGalley dulu & bikin reviunya, biar pny reviu dulu, jadi kalo mo request ke penerbit ga ditolak2 mulu. Hehe.

      Tp lumayan ya itu bisa dipake kl pengen e-book yg rada mahalan. Misal buku Dan Brown terbaru (mo keluar Mei). Hehe.

  13. Gw udah pake Kindle dari Oktober 2010. Tapi bukan pake Kindle Fire sih. Yang pertama gue pake si Kindle 3G Keyboard. Terakhir, baru February lalu, gue beli Kindle yang Paperwhite. Dua2nya beli di Jakarta. Karena ngga punya temen di Amerika hihihi.

    Soal beli buku di Amazon juga gue pake gift card aja. Atau kalo ngga ada, gue beli di Kobo Books, tinggal di convert ke MOBI file. Beres dah. Boleh dibilang gue dah 100% diconvert jadi pembaca ebook.

    Sayangnya karena gue bukan pengguna Kindle Fire, gue ngga bisa bantuin soal seting VPN.

    • Nah, ini dia another Kindle fan. Nice to see you here. Aku dulu sempet nimbang2 Paperwhite ato Kindle Touch, tapi kok jadi tergoda sama Fire, hehe. Dan untungnya ada temen di US yg bisa nitipin KF itu ke temennya yg pulang ke Indonesia, jadi bs irit ongkir, hehe.
      Beli buku dari Kobo books pake credit card atau apa?
      Aku lagi mo nyobain virtual router gitu, tp blm berhasil karena Windows ga sesuai requirement (rata2 virtual router butuh Windows 7-8, bukan XP). Nyari hotspot di tempatku susah sih, hehe.

    • Kalau mau nitip2 sih aku harus tanya temenku itu apa dia bisa dititipin. Itu berhubungan sama kapasitas luggage dia.
      Kata temenku yang lain, untuk e-ink, daripada Kindle itu, mending Nook Simple Touch. Itu $89 belom touch screen, sementara Nook Touch $79. Katanya sih gitu.

      Btw, nanya nih, gimana caranya kamu embed gambar yang nge-link ke halaman Amazon Kindle di comment ini? Kayaknya kalo baca di forum WordPress, ga bisa tuh embed gambar.

  14. Wah, aku malah belum pernah nyobain pake giftcard, lho. Caraku dapetin ebook juga sama kayak gitu. Barusan aku ublek2 kaskus, ketemu nih thread yang dulu banyak bantuin aku pake Kindle 3, termasuk trik2nya: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005860735/kindle-3-amazon-ebook-reader—sharing-tips-amp-tricks/

    Sempat ngoprek vpn juga, tapi udah lupa. Sekarang Kindle-ku udah aku remove cc-nya. Jadi, ya cuma cari gratisan trus langsung copy-paste atau convert dulu via Calibre. Aku udah gak sesering dulu pegang Kindle. Karena kerjaan padat di naskah, sekarang lebih sering nge-game, hehe.

    Btw, Kindle Fire itu appstore-nya beda sama Android lain? Bisa via Google Play nggak, atau langsung dari Amazon-nya? Repot juga ya kalo langsung dari Amazon?

    Pernah ke sini?
    http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014458175

    • Waaaaah, makasih banget komennya, Mbak.

      Aku belom pernah pake gift card juga. Baru beli doang, belom dipake. Hehe. Karena ga ada expiration date-nya, kusimpen aja. Siapa tau kapan2 mo beli sesuatu. Sekarang menikmati gratisan dulu. Itu pun udah numpuk. Lebih dari 200 buku belom ada yang kebaca.

      Dari hasil bersemedi browsing2 gila2an, disimpulkan ngoprek VPN di Kindle Fire itu susah karena ga ada settingan bawaan. Ga kayak yang HD. Langsung dari Amazon gitu kayaknya, Mbak. Tapi bisa nginstal Google Play dengan cara rooting Kindle-nya. Nah, itu bagaimana, aku belom sempet baca juga. Ribet banget keliatannya. Jadi baru nyimpen halaman2 hasil browsing, bacanya ntar2. Hehe3.

      Wah, aku belom buka itu kayaknya. Makasih banget buat link itu, Mbak. Kayaknya bisa nanya2 sama penggagas thread itu. Nanti kalo Kindle udah di tangan dan emang jadi praktek rooting atau apa pun, bisa aku posting di sini.

      Btw, Mbak Dita kerjanya di mana? Kok “padat naskah”?

      • Eh, maaf … maaf lupa follow up comments, nih, jadi baru buka lagi. Aku freelancer, biasa nulis/ngedit/ngoreksi. Kayaknya kita sama-sama di bidang penerbitan ya, Mbak? Salam buku! ;)

      • Salam buku! Freelance di mn aja, Mbak? Q full-time, tp pengen cari job freelance editing jg, preferably fiction. Tp masukin application blm ada yg direspons ini, hehe.

        Kemaren2 ini lagi sibuk ngutak-atik Kindle Fire. Hoho, akhirnya sudah di tangan. ;)

      • Aku di lini Mizan/Bentang Pustaka. Mbak di penerbit mana?
        Oya, grup penerjemah-editor di FB kayaknya sering posting job freelance. Ayo semangattt, Mbak! Moga2 ada yg segera direspons, yaa..

        Waaa, akhirnya…. Kindle-nya masih bau barang baru, dong? *ingat2 bau Kindle pas unboxing :)) itu OS-nya apa? udah di-root belum?

      • Erlangga. Tapi sekarang editor buku pelajaran, setelah ditarik dari bagian buku populer (e.g. novel) karena lebih dibutuhkan di bupel.

        Kayaknya mo nyebar application random aja gitu. Mbak Dita boleh dong kasih tau kl Mizan/Bentang Pustaka perlu freelance editor. Hehe. Kalo perlu CV, bisa aku kasih.

        Wah, ga ngebauin nih pas pertama buka. Hahaha. Soalnya pas aku buka, itu udah dibuka sama temenku di US untuk ngecek. Belom aku root, msh takut2 rooting. Kl pake cara yg roundabout, katanya ga bakal brick sih tapi lama. Haven’t got the time. OS-nya 4.0 Ice Cream Sandwich kalo ga salah, krn ini 2nd generation.

      • Aku dulu juga editor bupel. Habis itu editor ensiklopedi/referensi anak. Trus bosen dan pilih freelance, hehe. Oke, ntar aku kasih tau kalo ada low freelance. Mereka juga posting lowongan di http://pustakabentang.blogspot.com/ Lagi ada low editor, tapi full time kayaknya.

        Iya sih, utak-atik gitu mending pas banyak waktu luang. Soalnya bisa lupa waktu, hehe. Belum klo salah langkah, bikin mules & lemes & keringat dingin :))

    • Ini nerusin thread yg udah makin sempit:
      Sip. Makasih, Mbak.
      Iya. Utk sementara, krn udah bs instal apps, udah bs baca buku, tinggal ngabisin bacaan dulu aja. Rooting mah ntar aja deh. Tp kayaknya kok KF 2 tuh kl mo bikin screenshot hrs pake app dan butuh rooted device. Padahal digicam q cuman 6 MP, buat nge-shoot KF-nya rada ga jelas kl indoor pas malem. Outdoor kan ga keliatan yah. Hedeh.

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s